Menu Tutup

Partisipasi SDGs Center UBL Dalam Capacity Building SDGs Center Regional Sumatera

Pada tanggal 2 Mei 2024 yang lalu, SDGs Center Universitas Bandar Lampung (UBL) menghadiri undangan Capacity Building SDGs Center Regional Sumatera. Dalam pertemuan ini, kepala Seknas SDGs Bappenas, Pungkas Bahjuri Ali S.TP, MS, PhD mengatakan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pencapaian kerangka pelaksanaan SDGs dan bagaimana pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam membantu pencapaian target SDGs di daerah yang saat ini dirasa masih kurang. Terbukti dengan masih banyaknya perguruan tinggi yang telah memiliki SDGs Center di dalamnya namun masih kurang dalam pengelolaan dan kontribusinya dalam membantu mencapai target SDGs daerah.

Selanjutnya, Ir. Sabaruddin, M.Sc., Ph.D. yang merupakan perwakilan dari Universitas Sriwijaya, mengungkapkan tentang keinginannya untuk menekankan kolaborasi SDGs di UNSRI dan merubah paradigma pembangunan global di mana hijrah dari konsep konvensional ke keberlanjutan.

Beberapa hal yang perlu diterapkan demi tercapainya peran kontribusi perguruan tinggi dalam mencapai target SDGs daerah, di antaranya adalah dengan menginternalisasi SDGs ke dalam internal perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi disebut mampu ikut berkontribusi sebanyak 47% dalam membantu capaian SDGs daerah. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Pilar Lingkungan SDGs Nasional, Dr. Rachman Kurniawan.

Universitas Bandar Lampung sendiri masuk dalam jajaran 50 Perguruan Tinggi yang memiliki SDGs Center di dalamnya dan terdaftar di Bappenas dari 4.523 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dari data ini terlihat masih sangat dibutuhkan komitmen perguruan tinggi dalam pencapaian SDGs melalui pembentukan SDGs Center.