Menu Tutup

PELAKSANAAN FGD SDGS CENTER UBL BERSAMA IGES JAPAN

Focus Group Discussion (FGD) sebagai bagian dari kegiatan joint research antara Institute for Global Environmental Strategies (IGES) Jepang dan SDGs Center Universitas Bandar Lampung dengan judul “Interlinkages of the Transition to a Low-carbon Society and Achieving Sustainable Development Goals in the Province of Lampung, Indonesia”, diselenggarakan pada hari Jumat, 23 Juni 2023 bertempat di Gedung Rektorat, Ruang Rapat Lt. 3, Universitas Bandar Lampung.

Dr. Mustafa Moinuddin, sebagai Research Manager & Deputy Director dari Integrated Sustainability Centre, Institute for Global Environmental Strategies (IGES), menjelaskan bahwa FGD ini merupakan lanjutan dari kegiatan survei online yang dilakukan dalam periode 13-20 Juni 2023. Tujuan dari survei online ini adalah untuk berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan lokal yang terdiri dari perwakilan lembaga pemerintah daerah, sektor bisnis, masyarakat sipil, dan akademisi untuk memahami beberapa isu utama terkait pembangunan rendah karbon di Provinsi Lampung, Indonesia dan interaksinya dengan SDGs baik sisi mitigasi maupun adaptasinya. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk memperbarui database SDGs Interlinkages Visualization Tool yang dijadikan acuan oleh Bappenas dalam menyusun dokumen-dokumen perencanaan terkait SDGs di tingkat nasional.

Sementara itu, Dr.Eng. Fritz Akhmad Nuzir, sebagai Kepala Center for Sustainable Development Goals Studies (SDGs Center) Universitas Bandar Lampung, menjelaskan bahwa kegiatan FGD kemudian dilakukan dengan mengundang perwakilan dari responden sebagai upaya untuk mengklarifikasi dan validasi hasil dari survei dan mengindentifikasi isu-isu terpenting di Provinsi Lampung. Hasil dari joint reseach ini nantinya akan dipublikasikan melalui karya tulis ilmiah dan laporan penelitian.

Sebelumnya, kegiatan penelitian bersama antara IGES Jepang dan Universitas Bandar Lampung telah menghasilkan modul pembelajaran online tentang sistem bank sampah di Indonesia.