Menu Tutup

Dies Natalis UBL ke-50, Kepala Studi SDGs Center UBL : UBL Siap Menjadi Mitra Pembangunan Berkelanjutan

Acara Dies Natalis ke 50 Universitas Bandar Lampung

Universitas Bandar Lampung (UBL) yang merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) terbesar di Provinsi Lampung menggelar Dies Natalis ke-50 bertajuk “Growing Shining Winning” di Mahligai Agung Covention Hall, Pascasarjana UBL pada Kamis (21/07/2022)

Perayaan diawali dengan orasi ilmiah tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh kepala pusat studi Sustainable Development Goals (SDGs) Center UBL, Fritz Akhmad Nuzir. Beliau menyampaikan bahwa Universitas Bandar Lampung sudah turut serta sejak 1972 dalam pengabdian masyarakat dan riset.

“Dalam konteks global, tahun 1972 juga merupakan salah satu bagian terpenting dalam milestones pembangunan berkelanjutan. Komitmen UBL terhadap SDGs khususnya dan prinsip pembangunan berkelanjutan pada umumnya. SDGs merupakan alat untuk merajut keberlanjutan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Lampung. UBL  siap menjadi mitra pembangunan berkelanjutan bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya terutama dalam Decade of Actions Sustainable Development Goals menuju 2030.” ujar Fritz dalam orasinya.

Orasi Ilmiah oleh Kepala Studi SDGs Center UBL

Selanjutnya dalam orasi ilmiahnya Kepala Studi SDGs Center, Fritz Akhmad Nuriz juga menjelaskan tentang pentingnya peranan SDGs untuk institusi pendidikan seperti perguruan tinggi. Perguruan tinggi dengan jangkauan yang luas pada penciptaan dan penyebaran ilmu pengetahuan serta kedudukan yang spesial dalam masyarakat, hal ini menjadi salah satu capaian SDGs. Dan diharapkan Sesuai dengan visi UBL untuk “Menjadi Perguruan Tinggi yang Berjiwa Kewirausahaan Kelas Dunia” maka UBL selalu menumbuhkembangkan inovasi-inovasi untuk menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan tersebut sekaligus dapat berkontribusi langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rektor UBL, M. Yusuf Sulfarano Barusman dalam sambutannya pun mengatakan bahwa inovasi dan riset menjadi fokus UBL dan lebih banyak berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat, baik dari sisi teknologi, maupun kelembagaan dan hukum.

Sambutan oleh rektor UBL

“UBL banyak berkontribusi terhadap pembangunan daerah, ditunjukkan dengan kontribusinya dalam program Kartu Petani Berjaya dan berbagai kerjasama riset, serta pengabdian di berbagai desa. Ada pun keterlibatan UBL dibidang infrastruktur, berupa pengujian mutu jalan diseluruh Lampung diuji oleh Laboratorium Teknik Sipil UBL,” ujar M. Yusuf Sulfarano Barusman. Momen Dies Natalies ke 50, Universitas Bandar Lampung (UBL) memberikan sejumlah penghargaan kepada sosok di Lampung, yang dianggap punya inspirasi. Penghargaan diberikan bertajuk UBL Award salah satunya dengan kategori UBL Award Leader Sustainable Development Goals, diberikan kepada pemimpin atau tokoh berkomitmen luar biasa, pada pembangunan berkelanjutan di Lampung. UBL Award Lifetime Learning Inspiration, diberikan kepada tokoh-tokoh pemberi inspirasi dan kontribusinya pada pendirian dan keberlanjutan UBL hingga saat ini. UBL Award Institution with Great Impacts yang diberikan kepada lembaga atau institusi yang bekerjasama dan bergotong royong dengan UBL serta memberikan dampak besar dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dan yang terakhir adalah UBL Award Partnership for Innovation yang diberikan kepada lembaga atau mitra yang menjadi partner UBL dalam riset dan inovasi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *