Menu Tutup

Rapat Koordinasi Awal Pokja PKP Provinsi Lampung dengan tema “Strategi Penanganan Kemiskinan, Stunting dan Kumuh Di Provinsi Lampung”

Bandar Lampung, 25 Mei 2022 Kepala SDGs Center menghadiri rapat POKJA di Aula Hotel Horizon

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Lampung Bidang Perumahan mengadakan Rapat Koordinasi Awal Kelompok Kerja (POKJA) Perumahan Dan Kawasan Permukiman (PKP). Rapat ini membahas mengenai Penanganan Kemiskinan, Stunting, dan Kumuhdi Provinsi Lampung.

Kepala Center for Sustainable Development Goals Studies (SDGs Center) UBL, menghadiri rapat tersebut sebagai narasumber mengenai Penanganan Kemiskinan, Stunting dan Kumuh yang relevan dengan indikator SDGs.

“Kalau dicoba menggunakan tools SDGs Interlinkages versi 4 dari IGES bisa dilihat indikasi bahwa dengan meningkatkan ketersediaan layanan dasar pada kawasan permukiman seperti yang dituju dalam target 11.1,  Bisa jadi peluang irisan pengentasan kemiskinan ekstrim, stunting, dan kumuh dapat menjadi lebih tinggi” ujar Kepala SDGs Center UBL saat sedang Rapat Koordinasi POKJA PKP di Aula Hotel Horizon Bandar Lampung, Rabu (25/5/22).

Sesi bincang dalam penangan kemiskinan dan kawasan kumuh di Lampung

Komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan secara nasional dan global seperti diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan, maka Pemerintah Provinsi Lampung berupaya mengimplementasikan kebijakan dan strategi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung 2019-2024 untuk mencapai target-target SDGs

Hal yang berkaitan dengan ini juga, Kepala SDGs Center UBL mengatakan peluang kolaborasi program dan pendanaan terbuka lebar melalui kerjasama dengan perusahaan, lembaga internasional, lembaga filantropi, dan bahkan lembaga zakat. Akademisi pun berpotensi memberikan kontribusi melalui Tridharma Perguruan Tinggi. Walau diperlukan inovasi, perencanaan yang matang, dan politicall will kuat yang pro pembangunan berkelanjutan untuk itu.

Rapat ini dihadiri kurang lebih 83 perwakilan instansi, terdiri dari 49 POKJA dan Forum PKP, 17 perwakilan BAPPEDA dari daerah – daerah Provinsi Lampung, 5 perwakilan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, 8 Dinas Kepala Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum, serta 4 perwakilan Mitra Pembangunan Air Minum dan Sanitasi.

Diharapkan agar instansi – instansi selalu bekerja sama guna tercapainya target – target SDGs dalam pembangunan berkelanjutan.

Penulis : Syaira Salsabilla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *